Foto : Willy Aditya

Jakarta, Karebaindonesia – Wakil Ketua Fraksi Nasdem, Willy Aditya mengatakan fraksinya solid menentang rencana pemerintah menaikkan tari pajak dan mengenakan pajak pertambahan nilai (PPN) atas sembako

Untuk diketahui, sejumlah ide terkait reformasi perpajakan diajukan Pemerintah. Dari pelaksanaan pengampunan pajak (tax amnesty) Jilid II, menaikkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan mengenakan PPN kepada sembilan barang kebutuhan pokok (sembako), hingga kenaikan pajak penghasilan (PPh), di mana yang berpendapatan di atas Rp 5 miliar setahun akan dikenakan PPh hingga 35%.

Menurut Willy, pihaknya menilai rencana Menteri Keuangan Sri Mulayani, menaikan tarif pajak akan menambah beban bagi masyarakat. Menaikkan tarif pajak di tengah situasi ekonomi yang belum normal, justru akan berdampak negatif bagi ekonomi Indonesia keseluruhan.

“Fraksi Nasdem menolak rencana usulan Menkeu soal kenaikan tarif pajak itu. Kami akan perjuangkan ini jika rencana demikian benar-benar diusulkan ke DPR, dari awal kami tegaskan itu,” kata Willy, Jumat (11/6/2021).

Willy yang juga Wakil Ketua Badan Legislasi DPR kembali menegaskan bahwa penerimaan pajak masih bisa digenjot dengan cara selain menaikkan tarifnya. Sebab harga komoditas di internasional juga sudah mulai membaik. Penerimaan dari sisi pabean juga menunjukan tren positif.

“Jadi pilihan menaikan tarif itu pilihan potong kompas semata,” ujarnya.

Dia menjelaskan perbaikan regulasi yang menjadi penopang untuk menaikkan pendapatan dari pajak perlu dilakukan. Walau demikian regulasi yang dimaksud bukanlah menaikkan tarif pajak. Melainkan regulasi untuk menaikkan kepatuhan wajib pajak, kemudahan pemungutan dan laporan pajak, serta kecepatan pembayaran oleh para wajib pajak.

“Perbaikan regulasi itu untuk menaikkan kepatuhan dan kemudahan menunaikan pajak. Sangat tidak bijak menaikkan tarif pajak di saat masyarakat sedang berjuang keras untuk mempertahankan sumber dan nilai pendapatannya. Nilai pendapatan makin berkurang jika dibarengi naiknya tarif pajak. Ini justru akan mengurangi belanja masyarakat,” beber Willy.

Menurut Willy, Kementerian Keuangan perlu mengkaji lebih matang sumber-sumber pendapatan negara untuk pembiayaan APBN tanpa harus menaikan tarif pajak. Dari sisi produksi nasional, kemkeu juga diminta untuk mencari jalan agar terus dapat dipacu. Neraca perdagangan luar negeri harus terus didorong untuk menghasilkan surplus.

“Menkeu duduk dan kerja sama lah dengan kementerian lain sehingga bisa juga meraup pendapatan dari upaya mendorong surplus perdagangan luar negeri dan usaha lainnya,” katanya.

Dia berpesan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, untuk memikirkan hal yang lebih strategis dan kreatif mengupayakan pendapatan negara. Sehingga tidak menambah beban masyarakat di masa sulit ini.

“Jangan naikan tarif pajak yang membebani masyarakat banyak yang justru menjadi basis dukungan bagi pemerintah,” pungkasnya.

Realisasi penerimaan pajak hingga akhir April 2021 mencapai Rp 374,9 triliun atau 30,94% dari target total untuk tahun ini sebesar Rp 1.229,6 triliun. Angka ini menunjukan penerimaan pajak masih terkontraksi 0,46% tetapi masih lebih baik dibandingkan periode April 2020 yang saat itu minus 3%. (fr/ki)

22 thoughts on “Tegas, Nasdem Tolak Rencana Kenaikan Pajak dan Pajak Sembako”
  1. Hey! I’m at work surfing around your blog from my new iphone 4! Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to all your posts! Carry on the outstanding work!

  2. Woah! I’m really digging the template/theme of this blog. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s very difficult to get that “perfect balance” between superb usability and visual appearance. I must say you’ve done a very good job with this. In addition, the blog loads super fast for me on Opera. Excellent Blog!

  3. With havin so much written content do you ever run into any issues of plagorism
    or copyright infringement? My site has a lot of exclusive content I’ve either created myself or outsourced but it seems a lot
    of it is popping it up all over the internet without my authorization. Do you know any techniques to help prevent content from being stolen? I’d
    definitely appreciate it. http://cleckleyfloors.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *