Gowa, karebaindonesia.id – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melakukan Pelatihan Pengemasan dan Manajemen Pemasaran gula aren produk kelompok tani Majannang Desa Bissoloro, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, pada Rabu (24/11/2021).

Turut hadir pada pelatihan ini, Ketua Kelompok Tani Dusun Pannyambeang desa Bissoloro H. Marollah, tokoh masyarakat Haerun S.Ag, Lia Daeng Saleh, Dg Tarri, Daeng Tinri, Basri Daeng Kawang dan beberapa warga pembuat Gula Aren di dusun Pannyambeang. Selain itu, hadir pula direktur Pondok Daarul Fallah, Dahlan Lama Bawa, beserta dewan guru dan staf.

Tim PKM yang diketuai oleh Dekan Fakultas Agama Islam (FAI), Dr. Amirah M.Si, beserta dua anggotanya Sitti Satriani Is, S.Pd.I, M.Pd.I dan Nurinaya, S.T, M.M memberikan pelatihan pengemasan kepada petani pengrajin gula aren.

“Sebelumnya kelompok tani di sini menggunakan tempurung kelapa dalam proses pencetakan, dan daun sebagai pembungkus gulanya,” tutur Dekan FAI Unismuh tersebut.

Lanjut dia katakan, untuk itu kami melalui kegiatan pengabdian ini memberi inovasi baru terkait produksi gula aren.

“Untuk pencetakan, kami memakai mangkuk dengan ukuran yang sudah ditentukan agar sama rata tiap satuan gula. Selain itu, kami juga memperlihatkan bagaimana memproduksi gula dengan ukuran mini agar telihat menarik di mata pembeli, khususnya anak-anak,” tambahnya.

Tambahnya lagi, untuk kemasannya, tidak lagi menggunakan daun. Tetapi, plastik yang diberi label merk produk gula. Tungku yang dipakai pun terlihat berbeda dari yang sebelumnya digunakan oleh pengrajin gula aren. Tim PKM memberikan tungku berbahan batu merah yang direkatkan oleh semen dan pasir.

“Sebelumnya kami masih memakai dapo’ (tungku yang terbuat dari tanah liat), alhamdulillah dengan inovasi baru ini sangat memberikan manfaat bagi produksi gula aren kedepannya,” imbuh Daeng Saleh, pembuat gula aren.

Lanjut Daeng Saleh, dengan bentuk dan kemasan yang berbeda, kami melihat daya tarik beli masyarakat akan lebih meningkat. Tentu juga dari segi pemasaran, tidak hanya di pasar tradisional saja. Tetapi bisa masuk ke super market dan toko-toko di kota.

Setelah melalui proses pencetakan dan pengemasan, gula aren siap dipasarkan. Tampilannya cantik dan menarik. Harganya pun terjangkau. Gula ini bisa dipesan online melalui nomor WhatsApp 082347080644.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Redaksi