Makassar, karebaindonesia.id,– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Tinggi (Dikti) telah mengumumkan peraih insentif Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT) dan Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) tahun 2020. Dalam pengumuman itu, kampus Unismuh Makassar menjadi kampus dengan raihan terbanyak lolos PKM-KT (GT-AI) se-Indonesia Timur mengungguli kampus Unhas, UNM dan UMI. (Jumat, 24/07/2020).

PKM-KT bidang Gagasan Tertulis dan Artikel Ilmiah (GT-AI) merupakan event karya tulis tahunan Direktorat Jenderal Tinggi (Dikti) yang paling bergengsi dan terbesar bagi setiap perguruan tinggi se-Indonesia. Selain PKM GT-AI ada juga PKM-GFK (Gagasan Futuristik Konstruktif), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-P (Penelitian), PKM-KC (Karsa Cipta) dan PKM-T (Teknologi). Namun, bulan ini baru PKM GT-AI dan PKM-GFK yang diumumkan. Dari hasil penilaian tersebut, terdapat beberapa kampus di Indonesia yang memberi kejutan.

Salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Makassar yang berhasil meloloskan total 7 judul untuk PKM-KT (GT-AI) diikuti raihan Universitas Hasanuddin (1 judul), Universitas Negeri Makassar (0 judul) dan Universitas Muslim Indonesia (0 judul).

Sedangkan untuk raihan PKM-GFK, Unhas dan UNM berhasil mengungguli Unismuh Makassar dan UMI. Unhas (sebanyak 8 judul), UNM (9 judul), UMI (0 judul) dan Unismuh Makassar (0 judul).

Surat pengumuman peraih dana insentif Program Kerativitas Mahasiswa oleh Dikti
Lampiran daftar kampus peraih dana insentif PKM-KT dan PKM-GFK

“Sejak awal, kami selaku pimpinan kampus memang membina para mahasiswa untuk mengirim PKM. Kami lakukan karantina PKM selama 4 hari di Balai Diklat Unismuh, Bollangi. Di sana mereka didampingi secara intens oleh para mentor andal di bidang penulisan.” Ujar Wakil Rektor 3 Unismuh, Dr. Muhammad Tahir, M.Si.

“Jumlah PKM GT-AI yang dikirim total ada 29 judul. Dan alhamdulillah, berhasil meloloskan 7 judul. Sebuah pencapaian yang baik untuk mengharumkan nama kampus.” Tambahnya.

Selain mengungguli Unhas, UNM dan UMI dalam raihan PKM-KT, Unismuh Makassar juga menjadi peringkat ke-2 terbaik kampus swasta se-Indonesia di bawah Universitas Muhammadiyah Surakarta (15 judul).

“Target kami selanjutnya adalah terus membimbing karya-karya yang lolos sampai menuju ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau PIMNAS.” Tutup Pak Tahir saat diwawancarai oleh Jurnalis Kareba Indonesia melalui via telepon.

By Warman D. Sally

Pemimpin Redaksi Kareba Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Redaksi